Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Minggu, 29 Januari 2012

BELAJAR MENGERTI TANGISAN BAYI





Setiap ibu yang baru mempunyai anak pasti mengalami kebingungan jika bayi menangis. Ada beberapa alasan bayi menangis:
  1. Bayi mungkin sudah waktunya untuk minum susu, dimana pada   periode 0-6 bulan adalah per 2 jam, jika memakai asi kita   harus sesering mungkin memberikan sesuai keinginan bayi kita. Jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan mungkin sudah waktunya makan bubur tim/ dan lain-lain.
  2. Bayi buang air kecil atau buang air besar, maka jika memakai celana segeralah ganti celananya, jika memakai pempers mungkin pempersnya sudah penuh dan perlu diganti, apalagi jika ada kotorannya.
  3. Bayi mengalami kepanasan, karena cuaca yang panas tidak jarang bayi kita menangis, untuk itu cobalah cari supaya bayi kita nyaman, sering-sering ganti popok dan bajunya, supaya tidak terjadi ruam. Atau berikan kipas angin yang tidak mengarah langsung ke bayi kita.
  4. Bayi mengalami sakit di perutnya, karena masuk angin, untuk itu segera meminyaki perutnya dengan minyak yang aman buat bayi. Cara mengetahui ini dengan memeriksa perut bayi, jika perutnya dingin kemungkinan dia mengalami sakit di perutnya, juga coba ketuk pelan perut bayi kita jika terdengar bunyi seperti kembung artinya masuk angin.
  5. Bayi mengalami sakit panas. Periksalah dahi dan lehernya jika menunjukkan gejala panas maka segera pakai termometer, jika panasnya sudah melebihi suhu normal diatas 37 derajat celcius maka segeralah berikan obat panas atau bawa ke dokter terdekat.
  6. Bayi mengalami ketakutan, biasanya terjadi di malam hari. Jika ini terjadi coba kita berikan kata-kata yang membuat dia tidak takut lagi, seperti: tenang de, mama ada disini, tidak usah takut ya tidur yang nyenyak, sambil kita usap-usap dahinya, atau senandungkan lagu yang tenang.

1 komentar: