Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Minggu, 29 Januari 2012

PIJAT BAYI





ARTI DARI PIJAT  BAYI 

Pijat bayi dapat diartikan sebagai sentuhan yang nyaman antara ibu dan bayi.Arti lain pijat Bayi adalah praktek pengasuhan anak kuno yang masih dipraktekkan di seluruh dunia. Penelitian medis terbaru telah membuktikan banyaknya manfaat pijat bayi.

MANFAAT PIJAT BAYI:
  1. Menyembuhkan bayi yang lahir prematur. 
          Studi menunjukkan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama sepuluh hari           mendapatkan kenaikan berat badan hampir 50 persen lebih banyak, lebih aktif dan waspada.
     2.  Merangsang syaraf motorik.
     3.  Memperbaiki pola tidur.
     4.  Meningkatkan ketenangan emosional anak
     5.  Membantu pencernaan, supaya anak lebih mudah diberi makan
     6.  Menyehatkan tubuh dan otot-otot sehingga lebih sehat dan berkembang lebih baik.
     7.  Meningkatkan kesehatan badan bayi, misalnya: pencernaan,sirkulasi darah dan kekebalan terhadap
          penyakit.


EFEK SAMPING DARI PIJAT BAYI


Efek samping dari kesalahan pemijatan diantaranya adalah terjadinya pembengkakan, terdapatnya lebam, adanya rasa sakit pada bayi sehingga bayi menjadi rewel, pergeseran urat, cidera, bahkan bisa menyebabkan kematian pada bayi. Oleh karena itu, banyak orang tua yang enggan melakukan pijat bayi, mereka takut akan terjadi resiko pijat payi pada buah hatinya.
Resiko pijat bayi tersebut biasanya disebabkan oleh kelalaian praktisi pijat dalam memijat, salah pijat, dan kurangnya pengetahuan pemijat. Untuk memperkecil resiko pijat bayi, hendaklah para orang tua jeli dalam memilih praktisi pijat untuk bayinya.

Berapa frekuensi pemijatan bayi?
Pemijatan dapat dilakukan kapan saja. Frekuensi pemijatan disesuaikan dengan kegiatan ibu, yang terpenting ibu jangan sampai merasa terbebani dengan rutinitas memijat ini, karena bayi biasanya sangat peka terhadap hal-hal yang membuat dirinya tidak nyaman. Begitu pula si ibu yang harus bisa lebih peka lagi, kapan saat yang tepat untuk memijat bayi. 
 HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA AKAN MEMIJAT BAYI
  • Pilih waktu pemijatan ketika ibu sedang santai dan tidak tergesa-gesa dan tidak akan terputus di tengah jalan. Hindari pemijatan  bayi sebelum atau setelah makan, atau ketika bayi sakit.  Jangan membangunkan bayi untuk dipijat.
  • Siapkan perlengkapan pijat seperti minyak untuk memijat dari baby oil, minyak telon atau minyak nabati lainnya, alas, popok bersih dan pakaian ganti. Minyak aromaterapi untuk orang dewasa mungkin tidak cocok untuk bayi.Jangan menggunakan minyak di kepala atau wajah. Jaga agar minyak tidak terkena jemari bayi karena mereka cenderung menempatkan jari di  mulut atau mata, sehingga dapat menyebabkan iritasi.Hindari ruam, luka atau daerah di mana bayi mendapat suntikan vaksinasinya atau mungkin karena sakit.
  • Lepas gelang, cincin dan potong kuku-kuku jari Anda yang panjang agar tidak menyakiti kulit bayi Anda yang lembut tanpa  sengaja.
  • Gelar  alas atau handuk lembut di atas permukaan yang datar dan lepaskan pakaian bayi. Anda juga dapat meletakkan bayi di pangkuan Anda. Letakkan bayi dengan posisi telentang saat Anda memijat bagian depan bayi Anda, lalu tengkurap saat memijat bagian belakang.
  • Gosokkan hanya sekitar setengah sendok teh minyak pada telapak tangan Anda untuk memudahkan pijatan tangan Anda  meluncur di tubuh bayi. Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak di tubuh bayi kemudian sesuai kebutuhan.
  • Pijat bayi dengan lembut dengan telapak tangan atau jari. Pijatlah dengan ringan secara melingkar di dada dan perut, pijat kedua bahu, turun ke bawah di lengan dan kaki lalu kembali ke atas pada bagian punggung.  Bayi baru lahir dapat menikmati hanya dua sampai lima menit pijatan, sementara bayi berusia lebih dari dua bulan dapat menikmati lebih lama.
  • Jangan terlalu banyak memberikan tekanan pada tubuh bayi yang rapuh dan hindari daerah tulang belakang.
  • Tenangkan bayi agar tidak bergerak saat dipijat dengan berbicara atau bernyanyi.
  • Kontak mata dengan bayi membuatnya merasa mendapatkan perhatian penuh dari Anda.
  • Hindari pemijatan secara tiba-tiba, untuk itu jika mau diakhiri dengan memijat secara pelan-pelan dan lembut.
  • Selubungi bayi dengan handuk bersih dan hangat setelah dipijat dan peluklah dia.
  • Anda dapat terus memijat bayi Anda sampai dia berusia tiga atau empat tahun.

CARA MEMIJAT BAJI (dilakukan dengan lembut):

1. Dada
Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser diagonal ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah.

2. Paha dan Betis
Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama.

3. Kaki
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijat punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.

4. Wajah
Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.

5. Perut
Pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat:
  • Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
  • Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
  • Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.
 6. Tangan
Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan,. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar