Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Selasa, 31 Januari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI BERUMUR 2 BULAN

Tahap perkembangan bayi berumur dua bulan adalah seperti berikut:

Bayi Dapat Mengenali Ibunya

Ibu adalah orang yang paling dikenal oleh bayi. Seringlah melakukan hubungan muka dengan bayi anda. Bayi akan merasa nyaman jika berada dalam pelukan ibu, sehingga jika ada orang lain yang mengangkatnya bayi akan menangis. Bayi akan menggerakkan tangannya jika dia senang dan merasa nyaman dengan menghisap jari jemari.

Pemberian ASI Pada Bayi
Masalah pemberian ASI sering muncul pada bayi dan kolik cenderung menjadi salah satu masalah yang sering muncul – terjadi pada 1 dari 4 bayi kecil. Namun bayi yang mengalami kolik tidak akan mempunyai masalah lanjutan setelah kolik itu berhenti. Ibu mungkin resah mendengarkan tangisan yang berlangsung lama. 

Bayi mulai Belajar Mengangkat Kepala

Bayi yang berusia 2 bulan otot-otot tubuhnya terus menguat dan keterampilannya makin bertambah. Ia akan mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepalanya dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dia dalam posisi tengkurap. 

Berkomunikasi

Meskipun bayi usia 2 bulan anda belum bisa berbicara dengan menggunakan kata-kata, dia punya cara berkomunikasi. Di usia ini ia mulai mampu mengeluarkan suara dari mulut kecilnya. Suara Ibu mungkin jadi suara favoritnya. Saat ias mendengar suara Ibu , maka dia akan merespons secara naluriah dengan membuat jawaban suara.

Ibu juga akan menemukan bayi tersenyum manis pada Ibunya. Bukan lagi senyum refleks pada saat tidur, tapi senyum yang memancing respon Ibu untuk membuatnya tersenyum lebih lebar.

Menemukan Tangannya

Saat refleks genggamnya berkurang, bayi akan mulai menganggap tangannya sebagai mainan barunya (serta mulutnya) untuk mengeksplorasi semua benda yang disentuhnya. Karena itu hindarkan benda-benda berbahaya dari si kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar