Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Kamis, 02 Februari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI BERUMUR 3 BULAN




Bayi Mampu Menegakkan Kepalanya

Pada usia 3 bulan, bayi ibu sudah dapat menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuhnya dan tangannya digunakan sebagai penopang. Dia sudah dapat mengangkat dan menggerakkan otot tangan dan kakinya untuk meraih serta mengenggam benda-benda kecil yang ibu berikan kepadanya.

Berkomunikasi

Pada tahap ini ibu akan mendengar suara "menggumam", biasanya dimulai dari huruf seperti p,b,dan m yang dapat dilafalkan dengan bibir. Kata-kata pertama yang diucapkan pertama kali oleh bayi ibu adalah " MAMA dan PAPA". Komunikasi pada tahap ini tidak berupa tangisan saja tapi sudah mulai memberikan reaksi yang berbeda . Ketika melihat ibu tertawa maka seluruh tubuhnya akan merasakan lewat gerakan menendang. Jika bayi ibu lapar dia akan merengek bukan menangis lagi, dia sanggup untuk menunggu bahkan beberapa menit, hal ini merupakan tingkat pertumbuhan yang cuku penting yang memperlihatkan tingkat pengertian dan kepercayaannya.



Inderanya Berkembang

Panca inderanya yang berkembang membuat dia ingin mengetahui segala macam hal, suara yang dikenalnya membuat dia merasa nyaman, suara yang keras membuat bayi ibu menangis karena terkejut.
Penglihatan bayi ibu pada tahap ini dapat mengikuti benda dengan lingkaran penuh 180 derajat. Ikatan batin bayi dan ibu terbentuk melalui tatapan mata.
Seringlah ibu menatap mata bayi ibu, supaya dia dapat mengenali wajah ibu, orang yang paling dekat dengannya, tataplah matanya sesering mungkin, terutama pada saat menyusui.

Pendengaran . Telinga merupakan salah satu dari ‘pintu masuk’ informasi atau data ke dalam otak si kecil. Dengarkanlah suara dan kata-kata lembut bernada positif agar menjadi sebuah masukan data yang baik bagi otak si kecil.

Peraba. Perkembangan indera peraba si kecil pun makin berkembang. Sentuhlah ujung jari tangan atau kakinya dan ia akan merasa kegelian. 

Penciuman. Penciuman pada bayi membantu bayi dalam mengenali kedua orang tuanya, terutama ibunya melalui kegiatan menyusui. Bau yang dikenali oleh bayi, akan membuatnya tenang, aman dan tidak rewel.

Pengecap. Pada usia 3 bulan ini, bayi Ibu makin peka alat pengecapnya. Pada awal bayi baru lahir dia sudah dapat tau kalau ASI tidak enak maka dia tidak mau menyusui, pada tahap ini dia akan melepas puting jika disusui.

Memberi Susu ASI pada Bayi 

Lonjakan pertumbuhan bayi pada tahap ini sangat cepat, sehingga bayi ibu akan tampak jauh lebih cepat lapar pada tahap ini, tapi jangan terburu-buru memberikan susu formula atau menyapihnya. Karena ASI merupakan susu yang memberikan semua zat gizi yang diperlukan oleh anak sampai dia berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan barulah kita berikan makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan makannya yang semakin kuat. 

Rangsang Otak dan Tubuh Bayi

Pada tahap ini otaknya sudah mengalami pematangan yang perlu ditunjang dengan pemenuhan zat-zat gizi yang tepat dan dan aneka rangsangan harus diberikan pada tubuhnya.
Untuk melatih koordinasi antara tangan dan mata bayi ibu, berikan mainan berwarna terang gemerincing atau bunyi bel yang akan merangsang dia meraih dan menyentuh benda bergerak itu.
Pada usia 3 bulan otot-otot tubuhnya makin menguat, rangsangan yang diberikan akan membuat bayi bergerak dalam menyempurnakan kordinasi fisiknya, seperti tangan dan matanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar