Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Kamis, 02 Februari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI UMUR 7-9 BULAN

Bayi Ibu Mulai Melihat-lihat Sekeliling Rumah

Bayi ibu mulai melihat-lihat sekeliling rumah, kemampuannya merangkak mulai meningkat, dia semakin aktif dan menjelajah ke sana kemari, kita harus meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga bayi kita, singkirkan barang-barang yang membahayakan si kecil seperti kabel listrik, stop kontak listrik sebaiknay di tutup saja,sabun cair/ deterjen. pisau, karbol, perabot tukang, dan lain-lain yang sekiranya akan membahayakan si kecil. Setiap sudut meja, lemari kita tutup saja agar tidak bisa dibuka oleh bayi kita. Pada usia ini dia sangat senang mengambil dan membuang, berilah kepadanya bola kaos kaki, boneka yang ringan, bantal atau apa saja yang bisa ia lempar. Jangan ibu tinggalkan bayi sendirian dalam bermain karena dia masih belum mengerti benda yang berbahaya yang mana, setiap bermain wajib kita temani pada tahap ini.

Makanan Pada bayi Ibu

Pada tahap ini dia sudah mulai bisa memakan makanan dengan tekstur yang lebih kasar, juga tambahkan banyak variasi dan rasa yang berbeda pada makanannya. Rasa baru akan membuat dia lebih tertarik untuk makan, karena dia mempunyai kemampuan yang semakin berkembang. Biasakan anak untuk makan dengan duduk di kursi makannya, dalam kegiatan makan ini, tidak jarang bayi kita menginginkan makan sendiri dengan mengambil makanannya memakai tangannya sendiri, berilah dia kesempatan untuk itu supaya bayi ibu dapat mengembangkan kemampuan tangannya, memang kita sebagai ibu akan sedikit direpotkan karena meja makan yang berantakan, tapi jangan ibu jadi memarahi dia karena dengan seperti ini dia akan makan lebih banyak.


Bayi ibu mulai senang bermain

Pada tahap ini, bayi ibu mulai senang bermain, dia ingin tau segalanya, untuk itu dia akan lebih suka bergerak ke sana kemari dengan pantatnya, dan terkadang dia bergerak mundur. Ubahlah suasana rumah kita menjadi tempat yang menyenangkan untuk bermain, setiap rintangan yang ada kita kasih bantal dan bayi kita akan bisa merangkak atau berguling-guling untuk memperkuat ototnya. Otot kaki bayi ibu semakin kuat, dia akan berusaha menendang-nendang dan melompat-lompat di pangkuan ibu. Perkembangan otak dan kemampuan motoriknya membantu mengontrol pergerakan bahu,dada,leher dan punggungnya, sehingga ibu bisa menahan tubuhnya dalam saat posisi ia akan merangkak. Tubuh bayi ibu sudah cukup kuat untuk duduk tanpa bantuan, jadi saat makan lebih baik bayi ibu didudukkan di kursi makan.


Kesadaran dan Koordinasi Bayi mulai berkembang

Bayi ibu mulai menjatuhkan benda-benda ke ruangan, dia akan belajar melepaskan benda dari tangan dan menikmati segala ketrampilan yang diperolehnya. Pada masa ini bayi ibu akan merasa takut jika dia di tinggalkan walau hanya ditinggalkan sebentar saja. Untuk itu lakukan rutinitas rutin untuk mengurangi rasa takutnya, misalnya dengan bermain "ci luk ba", coba sembunyikan salah satu mainan kesukaannya dan kemudian cobalah suruh bayi ibu mencarinya. 

Bayi ibu akan mengoceh dan mulai mengeluarkan Kata-kata

Pada tahap ini bayi ibu akan mengoceh dan mulai mengeluarkan kata-kata yang sering dia dengar: mama, dada,jangan, tidak dan sebagainya. Dia mulai mengenal namanya sendiri dan menengok jika kita memanggil namanya. Dia akan bergumam mengulangi kata-kata yang dia sudah kuasai.

Bayi ibu mulai ingin belajar

Berikan kepada bayi ibu buku bacaannya, dengan membalik-balikkan halamannya. Berikan buku tentang hewan, dan terangkan kepadanya ciri-ciri hewan tersebut, suaranya, dan lain-lain buat dia menjadi menarik. Juga buku tentang tanaman kita terangkan tentang bunga, pohon pepaya dan jenis pohon lainnya, terangkan ciri-cirinya buat semenarik mungkin. Membuka pintu dan menutup pintu, melihat keluar jendela, ibu jelaskan semua yang ibu lihat kepada bayi ibu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar