Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Selasa, 01 Mei 2012

TAHAP PERKEMBANGAN ANAK 10 BULAN SAMPAI 11 BULAN

Pada tahap ini bayi sudah mulai dapat berbicara berupa patahan kata, seperti ma ma, pa pa, dan kata-kata lain yang biasanya sering kita ucapkan kepada anak. Kalau ibu sering menggunakan kata engga maka anak akan tiba-tiba menggunakan kata engga, untuk itu ibu-ibu yang memang menjaga anaknya sendiri, hal ini merupakan peristiwa yang perlu kita kenang. Ada yang mengatakan jika anak itu mengatakan kata pertamanya Pa Pa , nah anak ini nantinya akan lebih sayang ke papanya, jika kata pertamanya Ma ma maka nanti anak ini akan lebih sayang kepada mamanya, mengenai benar atau tidak perkataan ini belum ada yang meneliti kebenarannya, karena ini mungkin hanya suatu kebetulan yang diamati oleh beberapa orang, karena menurut saya, anak akan dekat kepada papa atau mamanya semua tergantung intensitas kita bertemu dengan mereka, semakin banyak waktu kita dengan mereka, tentu saja mereka akan dekat dengan kita.


Pada tahap ini bayi mencoba memakan sendiri makanan yang disediakannya dengan menggunakan tangannya, biarkan dia mencobanya untuk melatih kemandiriannya. Memang kadang kita jengkel juga jika meja makan berantakan karena bayi kita tentunya belum bisa makan dengan rapi. Tapi kita harus biarkan ini supaya dia nantinya bisa lebih mandiri. Kebutuhan makanan yang diperlukan lebih banyak yang mengandung energi dan gizi dalam jumlah sedikit tapi sering kita berikan saja, karena bayi ibu sudah lebih banyak bergerak dan melakukan banyak aktivitas.

Pada tahap ini bayi ibu akan mencoba berdiri dengan berpegangan dan mulai bisa dititah titah, akan tetapi ada beberapa bayi tertentu belum bisa berjalan dengan baik, tapi dilain pihak ada bayi dimana dia sudah bisa berjalan dan melangkah walaupun masih sering terjatuh. Karena dia sudah mulai mencoba berjalan, coba keadaan rumah dibuat senyaman mungkin jangan sampai dia jatuh dan mengenai benda-benda yang berbahaya, jaga bayi ibu dari kontak listrik (yang biasanya diletakkan dibawah) juga meja makan yang terlalu rendah dimana ada taplaknya, coba hindarkan dia menarik taplak dan akhirnya piring mangkok jatuh dan hindarkan dari hal-hal yang membahayakan bayi ibu.


















1 komentar:

  1. Ya, mungkin pada usia inilah bayi mulai pada lasak-lasaknya dan perlu perhatian untuk menjaganya

    BalasHapus