Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Minggu, 29 Januari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 0-1BULAN



Minggu-minggu Pertama

Selama 9 bulan bayi berada dalam rahim Ibu yang hangat dan nyaman, pada minggu pertama bayi menghabiskan waktu untuk membiasakan diri dengan dunia baru yang menakjubkan disekitarnya. Masa ini merupakan masa perkenalan ibu dengan bayinya, juga bayi dengan ibunya.

Gerakan Refleks Alami

Ketika bayi baru lahir, bayi dilengkapi dengan gerak refleks alami. Gerakan ini merupakan cara untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan awal di kehidupannya. Saat ibu menggenggam jari bayi, menyentuh telapak tanggannya maka dia akan secara spontan akan menoleh ke arah sentuhan itu, juga ketika ibu menaruh sesuatu dimulutnya maka ia akan langsung mencoba untuk menghisapnya.

Berkomunikasi

Bayi akan berkomunikasi dengan Ibu lewat tangisan. Tangisan adalah salah satu refleks alami bayi sebagai cara berkomunikasi si kecil yang paling efektif, karena dengan itu ia segera mendapat respons yang akan memberinya rasa aman dan nyaman. Silahkan membaca tulisan saya tentang tangisan bayi.

Penglihatan

Penglihatan bayi pertama kalinya terlihat tampak samar dan kabur, wajah ibu baru tampak jelas baginya bila berjarak 20 - 25 cm dari matanya . Penglihatan bayi baru lahir belum mampu memusatkan kedua matanya pada satu objek. Kedua matanya akan mampu bekerja selaras dalam memusatkan penglihatan terhadap sebuah obyek setelah dia berusia 3-6 bulan.Setelah mencapai usia 8 bulan, si kecil akan mampu melihat “dunia baru” di sekitarnya dalam persepsi 3 dimensi, seperti Ibu.


BAYI BERUMUR 1 BULAN 

Semakin bertambah usia, bayi Ibu akan berbeda penampilannya dibanding ketika baru baru lahir,  kakinya mungkin masih agak bengkok. Saat tengkurap bayi ibu akan menganggkat kepalanya sedikit. Jari jemarinya akan mengenggam erat apapun yang disentuhnya walau tangannya masih tetap dalam kondisi terkepal.

Periode pertumbuhan otak (brain growth spurt) anak dimulai sejak usia 3 bulan dalam rahim ibu, namun setelah lahir, kegiatan berpikir merupakan suatu proses sosial.  Anak belajar berpikir bersama orang-orang di sekitarnya.

Bayi memiliki gerak refleks. Pertambahan usianya dan perkembangan keterampilan fisik dan emosi-sosialnya, refleksnya perlahan digantikan gerakan yang semakin kompleks dari hari ke hari. Ia tahu bahwa ia melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu seperti menendang-nendang karena lapar.

Memberi Susu Bayi Ibu

Makin bertambah usia, pertumbuhan bayi makin meningkat dan ia akan lebih mudah lapar sehingga Jadwal pemberian susu Ibu harus disesuaikan. Tingkatkan frekuensi pemberian susu sesuai kebutuhannya. Jangan khawatir, karena pola menyusu awal akan kembali normal setelah beberapa hari.
Jangan lupa, frekuensi menyusu yang meningkat harus Ibu imbangi dengan makan makanan bergizi agar produksi ASI cukup dan bergizi.

Berkomunikasi

Pada tahap ini bentuk komunikasi utama adalah menangis, walaupun dia juga menggunakan suara menggumam, mendengkur dan mendengung atau gerakan tertentu. Setiap tangisan bayi hendaknya ibu segera meberikan perhatian, sehingga bayi ibu akan belajar bahwa ibu memberikannya rasa nyaman.
Beberapa tangisan sebagai bentuk komunikasi yang bisa dikenali:

Lapar.
Bayi yang baru lahir memiliki perut yang tidak bisa diisi terlalu banyak makanan. Tangisan merupakan cara untuk memberitahu kalau perutnya sudah lapar (tiap 2 jam sekali si kecil akan mengeluarkan tangisannya)

Hidung yang tersumbat karena flu atau karena perutnya kembung dan kolik atau demam maka si bayi akan menangis. Wajah pucat, maka coba kita periksa dengan termometer suhu badannya, jika tinggi segera bawa ke dokter anak terdekat.

Popok basah/kotor. 
Popok basah/ kotor membuat bayi menangis, karena dia merasa tidak betah dengan kondisinya itu, dan meminta segera diganti untuk itu dia akan berteriak dengan menangis.

Gampang kaget . 
Pada minggu pertama bayi ibu mungkin tampak kelihatan gampang kaget, untuk itu berikan dia kenyaman dengan situasi yang tenang, jika ada suara berisik, dirubah posisi tidur atau diangkat secara mendadak bayi ibu bisa menangis karena ini..

Bosan.
Jika dia bosan maka ibu sebaiknya mengangkatnya dan mengajak jalan keliling rumah dengan mengendongnya, ditimang-timang sambil dinyanyikan membuat dia merasa senang. Selain gerakan menangis bayi jika bisa menendang sebagai tanda dia bosan.

Penglihatan

Pada usia 1 bulan ini penglihatan sudah mulai berkembang, untuk itu memberikan mainan yang berbunyi di dekat mata bayi merupakan hal yang baik, gerakan mainan ini dari kiri ke kanan, atas ke bawah, jauh dekat atau sebaliknya. Ketika menatap wajah ibu, bayi ibu akan membesarkan matanya.

Ikatan Batin dengan Bayi Ibu Terbentuk
Gerakkan tangan dan kaki secara perlahan sambil dipijat dengan lembut, membuat bayi merasa senang bisa di dekat ibu. Seringlah mendekapnya sambil menyusui dan ajak bicara atau diayun ayun membuat dia merasa dicintai dan memperkuat hubungan emosional antara ibu dan bayi ibu.





















1 komentar: