Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Minggu, 29 Januari 2012

TALI PUPUT/ PUSAR

Tali puput/ pusar merupakan sisa ari-ari yang terbawa pada saat bayi lahir, berada di puser bayi kita. Tali puput ini tidak akan putus jika tidak diberikan alkohol, dan harus dibersihkan sehingga menjadi kering dan lama-lama putus. Pada awalnya kita sebagai ibu pasti bingung dan panik gimana caranya membersihkan tali puput ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan tentang tali puput ini:
  1. Tali puput ini dibersihkan setiap mau mandi, setelah itu ditutup pakai kasa dan dijaga waktu nutupnya supaya rapi, karena jika kejepit maka bayi  kita akan kesakitan. Tali puput ini tidak boleh dibersihkan dengan alkohol atau betadine, karena akan menyebabkan basah dan tidak kering, sehingga dapat menjadi bau dan timbul nanah.
  2. Tali puput ini tidak boleh kena air, jika memandikan bayi kita harus menjaga dengan benar, juga kalau kita pakai baby sitter kita harus perhatikan karena jika sampai kena air,maka tali puput ini akan basah terus dan menimbulkan sakit atau nanah, untuk itu ibu-ibu harus perhatikan benar hal ini. Juga kalau bayi kita pipis perhatikan jangan sampai tali pusar ini basah, jika basah maka kita harus mengganti segera dengan kasa yang baru.
  3. Tali puput biasanya sekitar 5 hari lebih paling lama 10 hari, akan putus dengan sendiriya, menurut kepercayaan semakin lama putusnya maka hubungan anak dengan ibu semakin lekat/ dekat.
  4. Tali puput yang sudah putus bisa kita simpan ke dalam botol untuk kenang-kenangan anak kita nanti kalau sudah besar, tapi kalau tidak bisa kita buang, atau dapat dipakai sebagai obat demam menurut kepercayaan orang-orang tertentu..
  5. Tali puput setelah putus maka kita harus menekan puser anak kita dengan uang logam yang aman, menurut banyak orang supaya puser anak kita tidak bodong, atau terlihat keluar jadi kurang indah, apalagi kalau anak kita perempuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar