Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Kamis, 02 Februari 2012

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI BERUMUR 4-6 BULAN

Bayi Akan Lebih Sering Bergerak

Bayi ibu sekarang akan bisa duduk dan berguling ini karena dia sudah lebih bisa mengendalikan tubuh bagian atasnya. Otot-otot di bahu,leher dan dadanya akan semakin berkembang. Bayi ibu akan semakin aktif bergerak sehingga ibu akan kerepotan untuk mengganti popok/ celananya, untuk itu kita ajak dia bicara ketika mengganti popok/ celananya/ atau kita kasih mainan baru supaya dia tertarik. Beri dia mainan agak jauh dari bayi kemudian kita tengkurapkan bayi, ajari dia untuk mengambil mainannya, ini akan memberinya keaktifan bergerak semakin baik.

Bayi Hampir Bisa Duduk.

Bayi ibu mulai semakin besar, dia sekarang memasuki masa perkembangan baru yang menyenangkan, bayi ibu akan mulai belajar berguling-guling ke kanan dan kekiri, dia juga akan mampu menggunakan kedua tanggannya untuk menahan tubuhnya apabila dibaringkan secara tertelungkup, bayi ibu akan mulai belajar merangkak. 
Tubuh bagian atas, leher, lengan bayi ibu akan semakin kuat, sehingga tidak lama lagi dia akan dapat duduk tanpa bantuan.

Makanan Tambahan Pada Bayi Ibu

Makanan tambahan pada bayi ibu dapat diberikan pada tahap ini, akan tetapi lebih baik jika sudah lebih dari 6 bulan, karena ASI merupakan hal yang terpenting dari bayi ibu untuk diberikan pada tahap ini. ASI adalah sumber nutrisi yang paling lengkap. Untuk itu berikanlah ASI pada tahap ini selama susu ASI ibu masih lancar dan mencukupi kebutuhan bayi ibu, apabila tidak dapat ibu berikan tambahan susu formula yang cocok untuk bayi ibu, walau tidak disarankan, karena ASI lebih baik dari susu yang lain jika tahap ini yaitu 4-6 bulan.

Kemampuan Mencengkram dan Penglihatan yang lebih baik

Pada masa ini bayi ibu akan dapat menggerakkan tangannya lebih baik dan mengontrol jari tangannya. Benda yang dia lihat akan dia pegang dan goncang-goncang dengan tangannya. Dia mulai mempelajari bentuk dan ukuran benda yang dipegangnya dan mulai meraih dan memegang benda yang disukainya, tidak jarang jika dia sedang senang dengan bendanya kemudian kita ambil dia akan menangis. Penglihatan yang lebih baik pada tahap ini membuat dia dapat meraih dan memegang benda dengan ukuran yang kecil. Dia akan melihat dengan lebih jauh dan fokus, sehingga dunia terlihat lebih menyenangkan dan berwarna warni.

Bayi Mulai Belajar Banyak Hal

Rutinitas yang ibu lakukan bersama bayi ibu akan membuat dia belajar banyak hal. Meskipun dia belum bisa menjawab, teruslah untuk diajak bicara dan berikan senyuman untuk melatih kemampuan bicaranya. Mainan gemerincing, akan membuat dia senang dan beguna untuk menguatkan otot tangan dan jarinya, suara-suara baru yang menyenangkan akan menghiburnya, cobalah ibu tirukan suara anjing, kucing, kodok dan lain-lain, bayi ibu pasti akan tersenyum dan senang. 
Saat mandi berikan dia mainan yang membuat dia mendengar suara gemericik air, atau gunakan tangan kita untuk memperlihatkan gemericik air itu.

Mencari Sumber Suara

Usia 4 – 6 bulan adalah tahap dimana bayi akan mengenali suaranya sendiri, suara baru yang dikeluarkan ketika dia bercloteh, membuat suara itu memberikan kesenangannya sendiri. Bayi ibu belum dapat menyebut kata ma atau pa, juga belum bisa diajak berkomunikasi dengan baik, tapi ibu harus terus mengajaknya berbicara supaya perkembangan kemampuan berbicaranya semakin baik. Suara ketawa mungkin merupakan suara yang pertama kali dikenalinya, coba bermain kelitikan dengan bayi ibu dan buat dia ketawa. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar