Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Jumat, 25 Mei 2012

BERSENAM DENGAN BENDA-BENDA GANTUNG

Umur 0 - 4 minggu

Siapkan seutas tali lebar 1 cm, panjang disesuaikan dengan lebar tempat tidur bayi ibu. Kemudian buat tiga simpul ditengah-tengahnya dengan jarak 7-10 cm, lalu ikatkan tali pada sisi kiri dan kanan tempat tidur. Potong tiga utas tali yang lebih pendek, ikatkan salah satu ujungnya di tiga simpul tadi, pada tali yang melintang dia atas tempat tidur. Kemudian di satu tali, gantungkan kumparan benang yang berwarna mencolok. Simpulkan longgar dua tali yang belum dipakai tali yang melintang untuk pemakaina selanjutnya. Gantungkan kumparan ini harus cukup panjang sehingga dapat dijangkau si bayi kelak bila ia sudah dapat meraihnya.

Hari pertama, tarik perhatian si kecil dengan cara menggantungkan kumparan dari depan ke belakang. Amatai gerakan matanya. Apakah ia melihat gantungan ini bergerak? apakah bayi ibu terlihat meraih benda yang bergerak-gerak itu? Apakah ia tersenyum? Mengobrollah bersama si bayi ketika latihan ini berlangsung.
Hari kedua gantungkan di satu tali berikutnya sebuah lingkaran plastik yang telah dituup dengan rapat oleh alumunium oil. Kemudian lakukan gerakan sama seperti kumparan. Lihat bagaimana responsnya?
Hari berikutnya gantungkan sebuah bel kecil atau kerincingan pada tali ketiga. Gerakkan bel ini sehingga berbunyi. Lihat bagaimana reaksinya.
Untuk hari-hari berikutnya, ulangi proses yang sama untuk kumparan, tutup, plastik dan bel. Si bayi perlahan akan belajar bahwa kumparan dan tutup plastik tidak mengeluarkan bunyi.
Perhatikan tangan dan kakinya apakah terlihat semakin lurus? apakah ia semakin mudah menggerakkan kepalanya? Apakah dia akan mengangkat kepalanya sedikit? Coba lihat apakah ia akan menggerakkan kepala mengikuti anda ketika anda berjalan ke kamar?
Ulangi semua aktivitas yang sudah diperkenalkan kepada si bayi. Selalumulai dari kiri ke kanan.
Pada bulan pertama kehidupannya seorang bayi berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, yang membuat seluruh indra mulai bekerja dengan baik yang dapat dilatih dengan stimulus.

Aktivitas ini mengembangkan:

1. Pengetahuan tentang benda bergerak (stimulasi visual)
2. Pengetahuan tentang suara dan bunyi (stimulasi suara)
3. Keterikatan si kedil dengan orang tuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar