Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu ......... Bayi Sehat, Ceria dan Lucu .........

Selasa, 01 Mei 2012

MENGGERAKKAN ANGGOTA TUBUH

Umur 0 - Minggu 1


Coba kita amati gerakan kepalanya. Apakah kepalanya bergoyang-goyang? Sanggalah kepalanya dengan selimut, tangan, atau dengan lengan anda. Apakah kepala si kecil berputar dari satu sisi ke sisil lainnya? Jika tidak putarlah kepala si bayi bergantian sisi ketika sedang berbaring. Ini akan membantu bayi untuk mengenal sisi kiri dan kanan dari kepalanya.

Amati gerakan tangannya. Apakah genggaman jari-jarinya kuat? Biarkan si kecil memegang dan mengenggam jari anda. Genggaman merupakan gerak refleks pertama setelah kelahiran dan mulai berkurang bila kordinasi mata dan tangan mulai berkembang dengan baik. Ketika sedang bermain atau menimangnya, cobalah temukan telapak tangan dan kirinya. Latihan ini akan membantunya mengenal dengan baik kedua belah tangannya.

Amati gerakan lengannya. Perlahan, luruskan lengan kirinya. dan bagaimana reaksinya. Setelah itu ganti luruskan lengan kanannya dan catat pula reaksinya.

Amati gerakan kakinya. Perlahan luruskan kaki kirinya dan lihat reaksinya, lanjutkan dengan kaki kanannya dan lihat reaksinya pula. Sentuh dan peganglah telapak kaki kirinya dan lihat reaksinya dan juga lakukan terhadap telapak kaki kanannya.

Selimuti dengan baik si kecil di minggu-minggu awal setelah kelahirannya agar dia merasa hangat
Setelah ibu melatih dan menggerakkan anggota tubuhnya selama beberapa minggu, ibu akan melihat, bai akan merengangkan kaki dan tangannya, sepertinya dia muali menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jadi jangan menyelimutinya terlalu kuat.

Ajaklah selalu si kecil berbicara. Gunakan kalimat-kalimat pendek dengan intonasi yang hangat dan ceria. Bernyanyi dan bersenandung baik juga dilakukan. Kalau ibu sukar untuk menyanyi, gunakan kotak musik atau putarlah kaset/ CD dengan musik-musik yang lembut, lagu klasik juga baik untuk diperdengarkan. Ini akan merangsang indra pendengarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar